loader
  • [email protected]
  • 021-50667780
  • Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianMalay

 956 total views,  1 views today

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online – BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah yang memberikan perlindungan sosial bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi. Penyelenggaraan BPJS Ketenagakerjaan menggunakan mekanisme asuransi sosial. Manfaat BPJS Ketenagakerjaan dapat dinikmati oleh para pekerja baik saat masih bekerja maupun saat purna kerja.

cara cek saldo bpjs ketenagakerjaan
image source : detik.com

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan cek saldo secara daring atau online, anda bisa cek saldo melalui PC ataupun ponsel anda yang terhubung di internet. Untuk pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat anda lakukan secara mandiri, anda hanya perlu tahu cara untuk mengaksesnya. Jaminan yang bisa diklaim yaitu jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian, jaminan kecelakaan kerja, jaminan pensiun, dan jaminan kehilangan pekerjaan. Untuk anda yang hendak melakukan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online dapat mengikuti salah satu cara yang akan kami bagikan pada artikel ini.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat SMS

Salah satu cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang paling mudah adalah menggunakan SMS. Untuk melakukan pengecekan, anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. silahkan anda mengikuti beberapa langkah berikut ini :

Berikut format pendaftaran melalui SMS BJPS Ketenagakerjaan:

  • Ketik DAFTAR (spasi) SALDO#NIK#NAMA#TTL#NOMOR PESERTA, setelah itu kirim SMS ke 2757.
  • Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan mendapat SMS balasan. Setelah mendapat balasan SMS untuk cek saldo BJPS Ketenagakerjaan melalui SMS, peserta bisa cek saldo. Sediakan pulsa yang mencukupi untuk layanan ini. Format penulisan cek saldo SMS yaitu SALDO (spasi) NOMOR PESERTA, kemudian kirim ke 2757. Setelah itu peserta akan mendapatkan SMS rincian informasi saldo JHT.
  • Sedangkan pengguna yang ingin mengganti nomor ponsel, anda bisa mengubah layanan SMS. Format mengganti nomor yaitu DAFTAR (spasi) GANTI (spasi) HP#Nomor ponsel lama#Nomor KTP, kemudian kirim ke 2757

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan via Browser

Untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan browser di PC ataupun smartphone anda. Berikut tutorial cek saldo BPJS di website resminya:

  • Buka browser atau peramban
  • Ketik website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Kemudian muncul kolom “Layanan Informasi Kepesertaan dan Cek Saldo JHT BPJAMSOSTEK
  • Pengguna memasukkan email dan password di akun website yang sudah terdaftar Lalu klik “Saya Bukan Robot”
  • Setelah login, klik menu “Lihat Saldo JHT”. Selanjutnya, layar akan menampilkan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda

Nah itu tadi beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.