loader
  • [email protected]
  • 021-50667780
  • Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianMalay

 69 total views,  1 views today

Tindakan kriminal atau kejahatan tentunya akan selalu bisa ditemukan, terutama di negara Indonesia. Dan untuk menekan itu maka hukuman akan diterapkan dan ditegakkan, sebagai bentuk batasan dalam bertindak, yang mana jika tidak sesuai maka akan dianggap sebagai pelanggaran dan bisa menjadi tersangka. Namun tindakan kriminal dan kejahatan sendiri terbagi menjadi beberapa, seperti yang paling terkenal yaitu pembunuhan.

 

Seperti halnya dengan kejahatan lain, pembunuhan juga memiliki aturan hukumnya sendiri yang didasari dari pasal UUD yang berlaku, dimana untuk lebih mengetahuinya maka anda bisa baca artikel ini sampai tuntas. Oleh karena itu bagi anda yang ingin tahu tentang pasal pembunuhan yang berlaku di Indonesia saat ini, maka anda silahkan simak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Lebih Dekat Tentang Arti Pembunuhan

Pembunuhan terdiri dari kata pem, bunuh, dan an, yang berarti kata pembunuhan berasal dari kata dasar “bunuh” yang mendapat awalan pe dan akhiran an yang mengandung makna mematikan, bisa juga menghapuskan, atau memadamkan, atau juga bisa membinasakan segala yang hidup.

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Kata “membunuh” artinya membuat sesuatu yang bernyawa mati, bisa juga menghilangkan nyawa dalam beberapa tindakan. Dalam peristiwa pembunuhan, biasanya itu terkait dengan 2 orang yang terlibat, yaitu orang yang dengan sengaja mematikan atau menghilangkan nyawa disebut sang pembunuh atau pelaku, sedangkan yang satu lagi jelas adalah korban atau orang yang dimatikan yang dihilangkan nyawanya dari sang pelaku.

pasal pembunuhan dan lama hukumannya
image source : inews.id

Pembunuhan sendiri termasuk ke dalam kejahatan yang jelas bisa disengaja atau tidak, dan itu bisa dilakukan dengan perencanaan, dan rangkaian kejadian yang ada, dimana akibatnya akan ada sang korban yang bukan menjadi sakit, melainkan nyawanya yang hilang. Dan untuk kasus pembunuhan yang terjadi di Indonesia, tentunya karena itu adalah tindakan kejahatan yang bahkan juga tidak sesuai dengan ajaran agama, maka akan ada hukum dan pasal yang terkait.

Informasi Pasal Pembunuhan di Negara Indonesia dan Juga Lama Hukumannya

Berikut ini adalah beberapa pasal pembunuhan yang berlaku di Negara Indonesia saat ini, ditambah juga dengan informasi tentang hukuman yang akan diterapkan pada sang tersangka atau pelaku pembunuhan.

 

  • Pembunuhan diatur dalam Pasal 338 KUHP, yang berbunyi sebagai berikut: “Barang siapa dengan sengaja merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan pidana penjara paling lama lima lima belas tahun”.
  • Pembunuhan berencana diatur dalam Pasal 340 KUHP yang berbunyi “Barang siapa dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain diancam, karena pembunuhan dengan rencana (moord), dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun” 
  • Pembunuhan tidak dengan sengaja. Diatur dalam Pasal 359 KUHP yang berbunyi “Barang siapa karena kealpaannya menyebabkan matinya orang lain, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau kurungan paling lama satu tahun”.

 

Dan itulah pasal pembunuhan yang berlaku di Indonesia saat ini, ditambah juga masa hukumannya yang berlaku. Tentunya melihat pasal dan hukuman diatas, pastinya anda bisa menyimpulkan bahwa pembunuhan bisa terjadi dengan beberapa unsur, dan unsur tersebut ternyata sudah diatur dalam aturan dan hukum yang berada dalam pasal KUHP di Indonesia.

Jika anda membutuhkan bantuan Hukum dan juga konsultasi hukum yang praktis, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk mengecek website https://pocketlegals.com/. Selain memberikan konsultasi hukum oleh mitra advokat yang berkualitas serta memiliki izin karena mitra advokat tersebut tergabung dalam Organisasi TPH Law Firm. Ditambah lagi Pocket Legals memberikan pendampingan hukum baik litigasi maupun non litigasi. Tidak cuma itu, terdapat kemudahan konsultasi hukum melalui Video Call atau membuat janji temu secara langsung.

Jadi itu saja yang bisa kami jelaskan kepada anda tentang hukum dan pasal pembunuhan, serta masa hukuman yang diterapkan dari masing-masing pelanggaran. Semoga bisa anda pahami dan bisa di share kepada yang lainnya, dengan tujuan agar yang lainnya juga tahu tentang pasal pembunuhan dan lama hukumannya. Tentunya masih banyak artikel menarik tentang hukum yang bisa ditemukan di pocketlegals lewat browser ataupun melalui aplikasi.