loader
  • [email protected]
  • 021-50667780
  • Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianMalay

 69 total views,  1 views today

Di dunia ini, di semua negara, wilayah, pulau, dan tempat lain, pastinya itu ada aturan yang berlaku guna tidak terjadi masalah atau kekacauan yang berlaku. Nah aturan atau hukum sendiri saat ini sudah terbagi menjadi beberapa bagian, yang mana untuk di Indonesia saat ini sudah diatur dan disahkan menjadi Undang-Undang yang wajib.

 

Bicara soal hukum terutama di Indonesia, ada hukum yang menarik dan perlu anda ketahui, yaitu hukum humaniter. Apa anda tahu apa itu hukum Humaniter ? Nah untuk mengetahui itu maka anda perlu simak artikel ini, yang mana selain ada pemahaman tentang hukum humaniter, ada juga tentang sejarahnya dan juga fungsi serta kegunaannya.

Mengenal Tentang Apa Itu Hukum Humaniter?

Humaniter ada kata human, yang berarti bisa disimpulkan bahwa hukum humaniter adalah hukum yang berkaitan dengan manusia, apakah itu benar? Sebenarnya hukum humaniter itu mencakup pada peperangan, tetapi bisa juga pada manusianya. Lebih jelas lagi, hukum humaniter adalah hukum yang bisa dikenal sebagai hukum perang, atau hukum sengketa bersenjata, dimana hukum tersebut dapat ditemukan dalam aturan-aturan keagamaan dan kebudayaan di seluruh dunia yang ada.

 

Selain itu, hukum humaniter termasuk dalam sekelompok peraturan yang dibuat atas dasar kemanusiaan dengan bertujuan untuk membatasi dampak dari konflik bersenjata. Secara umum, hal tersebut berisi tentang perlindungan terhadap mereka yang tidak terlibat perang seperti pada warga sipil, atau tentara yang sudah tidak mampu berperang, dan sebagainya. Tentunya poin tersebut sudah diatur dalam Konvensi Jenewa 1949, selain itu, hukum humaniter Internasional juga mengatur tentang pembatasan alat dan metode perang, yang bersumber pada Dua Protokol Tambahan 1977, dan itu masih satu kesatuan dengan Konvensi Jenewa 1949.

Sejarah Hukum Humaniter yang Perlu Anda Ketahui

Dalam sejarahnya hukum humaniter internasional dapat ditemukan dalam aturan-aturan keagamaan dan kebudayaan di seluruh dunia. Dan perkembangan modern dari hukum humaniter baru dimulai pada abad ke-19, dan semenjak itu banyak negara-negara telah setuju untuk menyusun aturan-aturan praktis, yang mana itu sudah berdasarkan pada beberapa pengalaman-pengalaman pahit atas peperangan modern.

fungsi dan kegunaan hukum humaniter

Hukum humaniter sendiri juga mewakili suatu keseimbangan antara kebutuhan kemanusiaan dan kebutuhan militer dari negara-negara. Dan seiring dengan berkembangnya komunitas internasional, banyak sejumlah negara di seluruh dunia telah memberikan sumbangan atas perkembangan hukum humaniter internasional. Dan hingga saat ini, hukum humaniter internasional sudah diakui sebagai suatu sistem hukum yang benar-benar universal.

Fungsi Serta Kegunaan dari Hukum Humaniter yang Wajib Anda Ketahui Semuanya

Berikut ini adalah beberapa fungsi serta kegunaan dari hukum humaniter internasional, yang mana semuanya perlu anda ketahui dan ingat baik-baik.

 

  • Memberikan perlindungan terhadap kombatan maupun penduduk sipil dari penderitaan yang tidak perlu, atau bisa dibilang sebagai unnecessary suffering.
  • Menjamin hak asasi manusia yang sangat fundamental bagi mereka yang jatuh ke tangan musuh. Seperti contoh pada kombatan yang jatuh ke tangan musuh harus dilindungi dan dirawat serta berhak diperlakukan sebagai tawanan perang dengan benar.
  • Mencegah dilakukannya perang secara kejam tanpa mengenal batas. Yang mana itu yang terpenting adalah dari asas kemanusiaan.

Jika anda membutuhkan bantuan Hukum dan juga konsultasi hukum yang praktis, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk mengecek website https://pocketlegals.com/. Selain memberikan konsultasi hukum oleh mitra advokat yang berkualitas serta memiliki izin karena mitra advokat tersebut tergabung dalam Organisasi TPH Law Firm. Ditambah lagi Pocket Legals memberikan pendampingan hukum baik litigasi maupun non litigasi. Tidak cuma itu, terdapat kemudahan konsultasi hukum melalui Video Call atau membuat janji temu secara langsung.

Dan itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang hukum humaniter, baik itu pengenalannya, sejarahnya, dan bahkan fungsi dan kegunaannya sendiri. Semoga dengan artikel ini anda semakin tahu tentang hukum humaniter, dan juga semoga anda bagikan kepada yang lainnya agar yang lainnya juga tahu tentang hukum humaniter. Tentunya masih banyak artikel menarik tentang hukum yang bisa ditemukan di pocketlegals lewat browser ataupun melalui aplikasi.