loader
  • pocketlegals@gmail.com
  • 021-50667780
  • Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianMalay

 453 total views,  5 views today

Pada setiap negara yang ada di dunia, tentunya akan ada hukum yang berlaku dan perlu ditaati, karena kalau tidak maka akan ada hukuman yang berlaku bagi pelaku pelanggaran. Hal itu karena, hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan, serta berperan penting agar semua menjadi terkendali dalam hal baik.

sumber gambar : uma.ac.id

Hukum atau ketentuan yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan tentunya bisa diganti atau diubah dengan ketentuan yang baru sesuai dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat, tetapi itu berbeda dengan asas hukum. Mengapa demikian? Nah untuk mengetahuinya, maka anda bisa simak artikel ini. Selain pemahaman tentang asas hukum, di artikel ini juga kami akan sertakan fungsinya yang perlu anda ketahui.

Apa Itu Asas Hukum?

Pertama dari kata asas, yang mana itu mengandung tiga arti yaitu dasar/alas/pedoman, kebenaran yang menjadi pokok atau dasar dalam berpendapat atau berfikir, hingga cita-cita yang menjadi dasar suatu perkumpulan. Dari ketiga arti tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa asas merupakan dasar atau pokok dari sebuah kebenaran yang kemudian digunakan sebagai tumpuan dalam berpikir atau berpendapat. Jadi pengertian asas hukum adalah prinsip yang dianggap dasar atau fundamen hukum, hal itu karena asas hukum merupakan jantung dari peraturan hukum, yang mana memang asas hukum merupakan landasan yang paling luas bagi lahirnya suatu peraturan hukum.

 

Tentunya selain itu, ada lagi pemahaman asas hukum dari beberapa para ahli, yang mana hampir semuanya mengangkut tentang norma yang berlaku, tindakan, peraturan, nilai-nilai moral, prinsip, petunjuk, dan sebagainya yang bisa anda ketahui di beberapa sumber yang ada. Lalu tidak hanya banyak menurut para ahli, asas hukum juga terdiri dari beberapa macam yang ada, yaitu adanya asas hukum umum yang berhubungan dengan keseluruhan bidang hukum, hingga adanya asas hukum khusus yang berlaku dalam lapangan hukum tertentu.

Kegunaan dan Fungsi Asas Hukum yang Wajib Anda Ketahui

Asas hukum yang ada tentunya memiliki kegunaan dan fungsi, dimana kegunaan dan fungsinya adalah sebagai berikut:

 

  • Berguna untuk menetapkan wilayah penerapan aturan hukum pada penafsiran atau penemuan hukum.
  • Berperan sebagai kaidah kritis terhadap aturan hukum, kaidah penilaian dalam menetapkan legitimasi aturan hukum, kaidah yang mempersatukan aturan-aturan atau kaidah-kaidah hukum, menjaga/memelihara konsistensi dan koherensi aturan-aturan hukum.
  • Asas hukum dapat digunakan untuk diidentifikasi dengan menggeneralisasi putusan-putusan hakim dan dengan mengabstraksi dari sejumlah aturan-aturan hukum yang terkait pada masalah kemasyarakatan yang sama.
  • Asas hukum dapat ditemukan dari putusan hakim ataupun hukum positif pada umumnya, yang mana memang sudah semestinya tiap hukum positif memuat asas hukum, baik secara tersurat maupun dalam bentuk pasal yang tersirat dan tidak.

 

Itulah pengertian asas hukum yang tentunya perlu anda ketahui dan juga ingat sampai kedepannya, begitu juga dengan fungsi dan kegunaannya yang harus anda pahami. Jadi selain mengetahui hukum-hukum atau Undang-Undang dan Pasal yang berlaku, anda juga perlu memahami asas-asas hukum, itu karena asas-asas hukum akan menjadi dasar dari pembentukan peraturan perundang-undangan.

Jika anda membutuhkan bantuan Hukum dan juga konsultasi hukum yang praktis, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk mengecek website https://pocketlegals.com/. Selain memberikan konsultasi hukum oleh mitra advokat yang berkualitas serta memiliki izin karena mitra advokat tersebut tergabung dalam Organisasi Advokat TPH Law Firm. Ditambah lagi Pocket Legals memberikan pendampingan hukum baik litigasi maupun non litigasi. Tidak cuma itu, terdapat kemudahan konsultasi hukum melalui Video Call atau membuat janji temu secara langsung.

Sekian pembahasan dari kami, mengenai asas hukum dan kegunaan serta fungsinya. Semoga anda paham dan mengerti, dan juga kiranya anda share agar yang lainnya juga dapat manfaat dari artikel ini. Tentunya masih banyak artikel menarik dari kami tentang hukum, yang mana itu bisa anda temukan di pocketlegals, baik lewat browser ataupun melalui aplikasi.