loader
  • pocketlegals@gmail.com
  • 021-50667780
  • Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianMalay

 128 total views,  1 views today

Dalam setiap kelompok dan organisasi, pastinya semua ingin kesejahteraan tanpa adanya konflik. Tetapi apabila terjadi konflik, maka tentunya dibutuhkan peran ketiga dalam memutuskan dan menghentikan konflik dari 2 pihak yang berseteru. Nah tentunya bukan hanya kelompok atau organisasi yang harus terhindar dari konflik, negara-negara yang ada di dunia juga perlu terhindar dari konflik, baik dari negaranya sendiri ataupun dengan negara lain.

pbb perserikatan bangsa bangsa
image source : tempo.co

Apabila terjadi konflik antar negara, maka besar kemungkinan konflik tersebut akan menyebabkan perang antar negara, yang mana jelas itu akan merugikan banyak pihak. Nah untuk mencegah konflik antar negara, maka peran PBB sangat diperlukan. Perlu anda semua tahu bahwa PBB saat ini sangat berperan penting dalam mewujudkan perdamaian dunia, yang mana itu bisa anda semua ketahui di bawah ini!

Mengenal Apa Itu PBB?

Sebelum melangkah lebih jauh, tentunya anda harus ketahui dulu apa itu PBB terutama bagi anda yang sama sekali tidak tahu. PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa atau dalam bahasa Inggrisnya adalah United Nation (UN), adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 yang lalu. Nah PBB sendiri dibentuk untuk mendorong kerjasama internasional, yang mana badan ini merupakan pengganti Liga Bangsa-Bangsa dan memang didirikan setelah Perang Dunia II untuk mencegah terjadinya konflik serupa yang sama.

 

Lalu pada 10 Januari 1946 barulah sidang Majelis umum pertama diadakan di Church House, London, dimana pada saat didirikan, PBB sudah memiliki 51 negara anggotanya, yang mana juga saat ini terdapat 193 anggota. Selain negara anggota, ada juga beberapa organisasi internasional, dan organisasi antar-negara yang mendapat tempat sebagai pengamat permanen yang mempunyai kantor di Markas Besar PBB. Tetapi tidak hanya itu saja, ada juga yang hanya berstatus sebagai pengamat.

Inilah Tujuan dan Peran PBB Dalam Mewujudkan Perdamaian Dunia

Tentunya PBB dibuat dan didirikan adalah untuk mencapai tujuan perdamaian dunia, begitu juga dengan menjaga perdamaian dunia agar tetap bersatu. Pada waktu saat ini, diketahui komitmen negara-negara anggota PBB terus menguat untuk memelihara perdamaian dan keamanan Internasional. Tidak hanya itu, PBB juga sudah mengambil peran dan sikap terhadap berbagai masalah di dunia Internasional.

 

Nah PBB sendiri kabarnya sudah memiliki ruang lingkup yang cukup besar, dimana itu tidak sekedar menjaga perdamaian dunia saja, melainkan PBB juga turut serta mencegah konflik dengan mencoba menyalurkan bantuan kemanusiaan. Peran tersebut dinilai mereka lakukan untuk bisa mencapai tujuan dan koordinasi yang sesungguhnya, hal itu agar dunia Internasional menjadi lebih aman untuk generasi mendatang.

 

Pendapat lain juga menyebutkan, bahwa PBB akan menangani berbagai permasalahan mendasar seperti pembangunan berkelanjutan. Nah contohnya seperti dari lingkungan, perlindungan pengungsi, bantuan bencana, terorisme, perlucutan senjata dan non-proliferasi, dan lain sebagainya yang memang sudah mengancam dan berbahaya bagi negara-negara dan penduduknya.

 

Namun selain tentang perdamaian, PPB juga dapat terlibat dalam mempromosikan demokrasi, hak asasi manusia, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di seluruh negara yang ada dalam PBB. Tidak hanya itu, tentang Pemerintahan, ekonomi, pembangunan sosial, kesehatan, upaya pembersihan ranjau darat, perluasan produksi pangan, dan berbagai hal lainnya juga termasuk dalam lingkupnya.

 

Nah sekian sudah pembahasan dari artikel pada kesempatan kali ini, semoga bisa jadi manfaat bagi anda semuanya, terutama bisa menambah wawasan anda tentang PBB. Jangan lupa anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, baik melalui media sosial ataupun media lainnya. Tentunya masih banyak artikel menarik dari kami tentang hukum, yang mana itu bisa anda temukan di pocketlegals, baik lewat browser ataupun melalui aplikasi.

 

Referensi:

  1. https://id.wikipedia.org/wiki/Perserikatan_Bangsa-Bangsa#cite_ref-1

 

Dasar Hukum:

  1. Charter of the United Nations