loader

Ketahui Apa Sih Tujuan Hukum Pidana dan Manfaat Untuk Masyarakat – Hukum pidana dan perdata yang ada di indonesia saat ini telah ada sejak indonesia merdeka dan semua masyarakat harus menaatinya. Lalu, apa sih tujuan hukum pidana di buat oleh pendiri negara ini ? tentu semua di buat untuk menjadikan negara indonesia sebagai negara yang tertib dan aman. Hal paling mendasar adalah untuk melindungi masyarakat dari kejahatan-kejahatan orang yang melakukan kejahatan agar mereka semua tidak lagi melakukan kejahatan.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial, masyarakat membutuhkan hukum untuk mencapai kesejahteraan bersama, tidak ada kejahatan dan penindasan terhadap yang lemah. Hukum diciptakan untuk mengatur serta membatasi berbagai macam aktivitas masyarakat agar terbentuk suatu tatanan hidup yang aman, tertib, dan berkeadilan. Istilah secara teori mengenai hukum pidana telah kita buat artikelnya pada publikasi sebelumnya dan anda dapat membacanya.

Tujuan Hukum Pidana dan Manfaatnya

#Melindungi Kepentingan Bersama

Sebagai makhluk sosial yang selalu berinteraksi antara satu dengan lainnya, hukum pidana dibuat untuk melindungi kepentingan bersama. Melindungi masyarakat dari ancaman kejahatan dengan malaksanakan hukum yang berlaku. Apabila setiap individu menegakkan dan mematuhi hukum yang berlaku maka kamanan dan ketertiban dapat terlaksana, dan pada akhirnya ketertiban bersama dapat terlindungi.

tujuan hukum pidana
images source : unsplash.com

#Membuat Jera Para Pelaku Kejahatan

Karena manusia tidak semua memiliki sifat kebaikan, maka hukum pidana di buat untuk menghukum mereka yang melakukan kejahatan. Tentunya hal ini dengan tujuan membuat efek jera terhadap pelaku kejahatan yang tidak menaati hukum yang berlaku. Sehingga setiap individu yang hendak melakukan kejahatan akan berfikir kembali untuk melakukannya, dengan mematuhi serta menegakkan hukum secara baik, maka dapat menciptakan ketertiban dan keamanan masyarakat.

Nah itulah tadi informasi mengenai tujuan hukum pidana yang dibuat untuk menjadikan masyarakat aman dan teratur. Agar masyarakat teratur dan aman maka setiap individu hendaknya menaati hukum-hukum yang berlaku di msyarakat.