loader
  • [email protected]
  • 021-50667780
  • Chinese (Simplified)EnglishFrenchIndonesianMalay

 52 total views,  1 views today

Hukum yang berlaku dan dilanggar, tentunya itu akan membuat pelaku atau tersangka akan dijerat dengan hukuman, tetapi itu semua tidak langsung semata-mata langsung diberi hukuman, karena kenyataanya beberapa hukuman harus melewati persidangan. Nah bicara soal persidangan, tahukah anda siapa pengacara, hakim, dan akademisi hukum di Indonesia yang terkenal?

 

Hakim, pengacara, dan akademisi hukum yang terkenal di Indonesia, salah satunya adalah Artidjo Alkostar. Beliau adalah salah satu yang terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia, dan pernah menjabat sebagai dewan pengawas KPK. Untuk menghormatinya maka kami berencana untuk memberikan profil lengkapnya kepada anda semua, hal itu agar anda tahu tentang sosok beliau yang sangat berprestasi dan sangat membanggakan di Indonesia.

image source : republika.co.id

Profil Lengkap Tentang Sosok Hakim Artidjo Alkostar

Dr. Artidjo Alkostar, SH, MH. (22 Mei 1948-28 Februari 2021) adalah seorang pengacara, hakim, dan akademisi hukum Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Hakim Agung dan Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung RI, dimana ia terkenal karena vonisnya yang cenderung memperberat hukuman terhadap terpidana kasus korupsi, dan juga dissenting opinion yang ia keluarkan dalam beberapa perkara besar. Pada akhir hidupnya, beliau pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada periode 2019-2023.

Kehidupan dan Pendidikannya Artidjo Alkostar

Artidjo Alkostar lahir di Situbondo, Jawa Timur. Ayah dan ibunya berasal dari Sumenep, Madura. Ia menamatkan pendidikan SMA di Asem Bagus, Situbondo. Artidjo pernah meraih gelar sarjana hukum (S.H.) di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia pada tahun 1976 dan magister (LL.M.) di Universitas Northwestern, Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2002. Tidak hanya itu, di Northwestern, Artidjo menulis disertasi mengenai pengadilan hak asasi manusia dalam sistem peradilan di Indonesia, selain itu ia pernah juga menempuh pelatihan pengacara hak asasi manusia di Universitas Columbia selama waktu enam bulan.

Kehidupan Karir Artidjo Alkostar

Karier Artidjo Alkostar di bidang hukum dimulai pada tahun 1976. Awalnya, ia menjadi tenaga pengajar di FH UII Yogyakarta. Pada tahun 1981, ia menjadi bagian dari Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta, masing-masing menjadi wakil direktur (1981-1983) dan direktur (1983-1989). Pada saat yang sama, ia pernah bekerja selama dua tahun di Human Right Watch divisi Asia di New York. Dan sepulangnya dari Amerika, beliau langsung mendirikan kantor hukum Artidjo Alkostar and Associates hingga tahun 2000, hingga selanjutnya pada tahun 2000 ia terpilih sebagai Hakim Agung Republik Indonesia.

Kehidupan Pribadi Artidjo Alkostar

Beliau sudah mempunyai istri, yang mana ia menikah dengan Sri Widyaningsih pada 1998. Fakta menarik dari beliau, pada awalnya ia tidak pernah berniat untuk berkarir di dunia hukum dan justru bermaksud mengambil jurusan eksakta dan masuk Fakultas Pertanian. Sayangnya, pendaftaran untuk fakultas pertanian sudah ditutup sehingga ia mendaftar di Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia untuk mengisi waktu sampai pembukaan pendaftaran di tahun depan. Setelah setahun berlalu, ternyata Artidjo merasa betah di Fakultas Hukum dan hilang minat untuk mendaftar di Fakultas Pertanian

 

Menurut Artidjo, kualitas manusia terletak pada pola pikir dan substansi perbuatan yang dilakukan seseorang untuk masyarakat, bangsa dan negara. Ia pernah mengatakan bahwa seorang hakim harus lebih pintar dari pembuat Undang-Undang dan koruptor, sehingga dengan begitu ia pernah mengeluarkan beberapa buku, diantaranya berjudul “Artidjo Alkostar Titian Keikhlasan, Berkhidmat untuk Keadilan,” “Dimensi Filosofis Ilmu Hukum dan hukum Pidana (70 Tahun Artidjo Alkostar Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara),” dan “Alkostar Sebuah Biografi yang ditulis oleh Puguh Windrawan.

Jika anda membutuhkan bantuan Hukum dan juga konsultasi hukum yang praktis, ada baiknya anda meluangkan waktu untuk mengecek website https://pocketlegals.com. Selain memberikan konsultasi hukum oleh mitra advokat yang berkualitas serta memiliki izin karena mitra advokat tersebut tergabung dalam Organisasi TPH Law Firm. Ditambah lagi Pocket Legals memberikan pendampingan hukum baik litigasi maupun non litigasi. Tidak cuma itu, terdapat kemudahan konsultasi hukum melalui Video Call atau membuat janji temu secara langsung.

Dan itulah profil lengkap tentang hakim Artidjo Alkostar, Dewan Pengawas KPK yang memiliki karir hidup sangat berpengalaman dan berpengaruh di Indonesia. Semoga anda bisa belajar tentang hidup beliau yang sangat menginspirasi, dan agar hidup beliau diketahui banyak orang maka silahkan share artikel ini kepada yang lainnya. Tentunya masih banyak artikel menarik tentang hukum yang bisa ditemukan di pocketlegals lewat browser ataupun melalui aplikasi.